Categories

Alat Tes Psikologi Eksperimen “Steadiness Tester- Groove Type”

Senin, Februari 08, 2010

Situs belajar Psikologi akan coba memberikan informasi mengenai alat tes Psikologi eksperimen, alat tes yang pertama kali akan di bahas yaitu Steadiness Tester- Groove Type. Alat tes Steadiness Tester- Groove Type adalah suatu bentuk alat tes atau pengujian terhadap stabilitas tangan, alat tes Steadiness Tester- Groove Type dapat juga digunakan untuk mengukur kemampuin motorik halus seseorang, antara lain kemampuan mengarahkan gerakan tangan, tingkat gemetar (tremor), presisi, dan kecepatan gerakan tangan atau lengan serta ketangkasan jari.

Dalam sebuah penelitian alat tes psikologi Steadiness Tester- Groove Type memiliki tujuan untuk mengetaui efek yang ditimbulkan dalam stress, kegelisahan, kelelahan, konsumsi bahan kimia (kafein, alcohol, narkotika), usia lanjut yang berpengaruh terhadap stabilitas tangan dan motorik halus.

Lebih khusus lagi, Steadiness Tester- Groove Type digunakan untuk menguji stabilitas dinamik, yaitu dengan menggerakkan tangan kesamping kanan atau kesamping kiri melalui sebuah channel atau lintasan. Lintasan dalam Steadiness Tester- Groove Type di desain lurus sejajar dan makin menyempit. Dalam kehidupan sehari-hari. Alat tes Psikologi Steadiness Tester- Groove Type ini dapat digunakan dalam pelaksanaan ujian masuk teknisi mesin, tukang las, kedokeran, baik dokter umum, dokter gigi, dokter bedah.

Dalam mengoperasikan alat tes psikologi Steadiness Tester- Groove Type ini, sibjek diminta memegang stylush dan menggerakannya ke samping pada lintasan lurus yang menyempit. Saat subjek mengerjakan tugasnya, alat ini akan mencatat secara otomatis lamanya waktu dan jumlah error yang terjadi setiap kali lintasan tersentuh oleh stylush.Demikian sedikit ulasan mengenai alat tes psikologi eksperimen, semoga artikel psikologi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca situs belajar psikologi.

Artikel Terkait Lainnya :


0 komentar:

Posting Komentar

  © Mas BOW by Situs Belajar Psikologi 2009

Back to TOP