Categories

Mengatasi Rasa Cemas

Rabu, Agustus 05, 2009

Cemas memang terkadang hinggap di diri kita secara tiba-tiba. Cemas merupakan perasaan tidak enak, semacam ketakutan akan suatu hal. Banyak efek negative yang ditimbulkan ketika perasaan cemas melanda. Terkadang kita menjadi tidak bias berpikir jernih, menjadi tidak peka terhadap lingkungan sekitar, dan menjadi lebih tertutup. Hal ini jika berlarut-larut maka akan dapat mengganggu kondisi psikologis orang yang sering merasa cemas. Maka dari itu saya mencoba berbagi kepada Anda sedikit upaya
yang bisa dilakukan untuk menghilaangkan rasa cemas.
• Cobalah untuk relaksasi
Jika rasa cemas tiba-tiba melanda cobalah untuk relaksasi. Berikut cara praktis melakukan meditasi TM yang bias dilakukan, silahkan lihat di artikel saya sebelumnya, Meditasi Transsendental TM.
• Lakukan aktivitas yang lain untuk mengalihkan rasa cemas
Ketika rasa cemas datang, cobalah untuk mengalihkannya dengan melakukan aktivitas lain supaya anda tidak terlalu terfokus pada perasaan tersebut. Jika ada lawan bicara, maka berbincanglah atau Anda juga bias menceritakan kecemasan anda jika lawan bicara anda memang dapat anda percaya. Bisa juga dengan berolah raga. Karena dengan berolah raga maka akan mengurangi ketegangan. Atau lakukan hal-hal positif yang sekiranya anda sukai, misalnya
membaca, belanja, jalan-jalan, tamasya, atau mendengarkan musik kesukaan anda.
• Hindari kafein dan Alkohol
Pandangan mengenai kafein dan alkohol dapat menghilangkan rasa cemas itu tidak benar. Kadar kafein yang berlebih dapat menambah rasa cemas anda. Pilihlah air putih yang memberikan efek kesegaran dan relaksasi bagi tubuh anda.
• Percaya diri
Jika kecemasan anda datang karena ketidak yakinan anda terhadap sesuatu yang akan anda lakukan, maka sebaiknya anda berpikir untuk lebih percaya diri. Persiapkanlah segala sesuatunya dengan matang dan yakinlah bahwa anda dapat melakukannya dengan baik dan benar.
• Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup ternyata sangat penting. Kurangnya waktu tidur dan istirahat dapat manimbulkan rasa cemas yang berlebihan karena pikiran dan tubuh anda sudah lelah. Anda juga bisa mempraktekan sedikit tips pada artikel tubuh kita juga perlu hadiah
• Back to zero
Cara ini menurut saya paling ampuh. Back to zero (Tidak ada yang lebih dari diri kita kecuali kekuasaan sang pencipta) merupakan cara ampuh dalam mengatasi masalah tanpa masalah.
Semoga dalam artikel singkat ini bermanfaat bagi para pembaca. Salam super.





Artikel Terkait Lainnya :


3 komentar:

andro_simar mengatakan...

wahh,, saya lagi cemas nie sob,, untung baca artikel nie,, heheh,, :D

fibria mustikarini mengatakan...

haloo, saya termasuk kedalam orang yang suka cemas apalagi jika dihadapkan dengan banyak orang. tidak percaya diri kemudian berubah menjadi cemas dan setelah membaca artikel anda, saya menjadi termotivasi untuk tidak cepat merasa cemas terhadap berbagai situasi yang akan saya hadapi. terima kasih :)

Therockine mengatakan...

tipsnya apik mas bow ...
mantaff ...

Poskan Komentar

  © Mas BOW by Situs Belajar Psikologi 2009

Back to TOP