Categories

Seberapa pentingkah pre school?

Minggu, Juli 12, 2009


Pendidikan pra sekolah atau sering disebut pre school banyak menjamur di masyarakat. Dan sudah menjadi suatu trend di masyarakat. Pendidikan pra sekolah adalah suatu tempat dimana anak-anak berkumpul dan diajarkan untuk mempersiapkan diri mereka sebelum masuk ke sekolah. Ada pre school yang menawarkan pendidikn untuk anak-anak mulai dari usia yang sangat dini yaitu 6 bulan sampai usia cukup untuk masuk TK, yaitu sekitar umur 4 tahun. Apakah sebagai orang tua kita perlu mengikut sertakan mereka ke dalam sebuah pre school? Seberapa pentingkah pre school untuk anak-anak kita?Masa anak-anak usia pra sekolah mempunyai tugas perkembangan, yaitu:
1. Perkembangan Personal Sosial
kemampuan si kecil berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain/lingkungannya serta menilai bagaimana kemandiriannya.
2. Perkembangan Motorik Halus
kemampuan anak dalam mengoordinasikan mata dan kedua tangannya. Contohnya untuk menggambar, menjimpit kismis, mencoret, menyusun balok, dan sejenisnya.
3. Perkembangan Bahasa
kemampuan anak mendengar atau merespons suara, berbicara dan mengikuti perintah.
4. Perkembangan Motorik Kasar
kemampuan anak seperti jalan, melompat, dan sebagainya.

Selain itu masa 0-5 tahun merupakan ”golden age” dimana 80 persen otak anak berkembang pada masa tersebut. Pada masa tersebut peran orang tua sangat besar dalam mengawasi proses tumbuh dan berkembang otak anak. Pada masa ini informasi akan mudah diserap entah itu baik ataupun buruk. Maka sangatlah penting pendidikan sebelum sekolah itu dilakukan.

Jika orang tua mampu mandampingi anak untuk dapat mengoptimalkan tugas perkembangannya seperti yang dijelaskan di atas, orang tua tidak perlu membawa anak ke pre school. Karena dengan belajar sendiri di rumah bersama orang tua, orang tua bisa memantau langsung perkembangan anak dan bertanggung jawab penuh terhadap perkembangan anak. Namun jika orang tua tidak memiliki banyak waktu untuk memberikan pendidikan pra sekolah, ada baiknya untuk menyertakan anak-anak ke pre school. Tetapi dengan menyekolahkan di pre school tidak berarti orang tua melepaskan tanggung jawab mendidik anak kepada guru, orang tua tetap harus bertanggung jawab dan selalu memperhatikan perkembangan anak. Selain itu ada beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh orang tua dalam memilih pre school, yaitu:
1.Pilihlah pre school yang membuat anak merasa senang dan nyaman berada di dalamnya
2.Sebaiknya jangan memilih lokasi terlalu jauh dari rumah yang dapat menyebabkan anak merasa lelah
3.Pilihlah pre school yang memiliki program sit-in, sehingga anak dapat mencoba bersekolah di pre school tersebut selama beberapa hari untuk mengetahui apakah memang sesuai dan nyaman untuk anak anda

Artikel Terkait Lainnya :


5 komentar:

Ahmad mengatakan...

Penting Banget Tuh Supaya Anak2 sudah terbiasa Ketika Mereka MUlai Sekolah

masbow mengatakan...

@ kang ahmad ya memang penting.. tetapi pentingnya tidak mutlak, bisa dilihat bagaimana orang tua memiliki peran dalam mengasuh anak. seperti sudah saya jelaskan di atas

dhana@madura mengatakan...

saya dan adek saya dulu gag pake pre school mas tapi langsung SD sampai sekarang kita terus berprestasi di bidang masing masing, mulai SD, SMP, SMA juara kelas terus, bahkan alhamdulillah di bangku kuliahjuga demikian,,,sekarang saya di Fak.Hukum adek saya FKG UNAIR

masbow mengatakan...

@dhana: syukur jika demikian, ternyata Tuhan menghadirkan anak yang berprestasi. jangan lupa juga orang tua anda memiliki peran dalam hal itu. salam kenal ya untuk orang tua anda yang hebat dalam mendidik anak.

inuel mengatakan...

wah , biar tambah ilmu , ntar klo punya anak , jadi bisa mndidiknya , pengennya punya ank yang pinter N sholeh hehehhe

Posting Komentar

  © Mas BOW by Situs Belajar Psikologi 2009

Back to TOP