Categories

Pembelajaran psikologi "Mengaku Kalah Bukan Berarti Kalah"

Senin, Juli 13, 2009


"Mengaku kalah bukan berarti kalah" merupakan sebuah pembelajaran psikologi. Terkadang orang sulit untuk mengakui kekalahannya karena secara tidak sadar setiap manusia memiliki mekanisme pertahanan diri (self defense mechanism). Disini saya tidak terlalu banyak membahas apa dan bagaimana self defense mechanism. Namun jika anda ingin mengetahui lebih jelas, silahkan kunjungi disini. Dalam artikel saya kali ini saya akan sedikit menganalogikan melalui sebuah cerita ringan yang berkaitan dengan proses demokrasi yang belum lama berlangsung di Indonesia.

Tepat tanggal 8 juli 2009 Indonesia melangsungkan PEMILU 2009 untuk memilih calon Presiden dan Wakil Presiden. Tidak lama Setelah pemilihan berhasil, Hasil Quick Count diumumkan. Hasil Quick Count. Dari hasil itulah diketahui bahwa SBY-berboedi memiliki perolehan suara terbanyak. Di sisi lain ada berbagai pro dan Kontra dalam menanggapi Hasil Quick Count, Partai yang merasa puas dengan hasil suara akan menganggap bahwa hasil yang didapat itu objektif dan Partai yang tidak puas dengan hasil suara akan menganggap sebaliknya (tidak menerima kekalahan, bahkan menganggap hasil tidak objektif). Dari respon yang telah saya sebutkan di atas dapat diketahui bahwa cukup sulit untuk menerima kekalahan bukan? Seharusnya mereka yang kalah tidak merasa kalah karena mereka tetap bisa membantu di belakang layar untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. Mereka mempunyai kekuatan yang besar untuk melakukan itu semua. Ide-ide cemerlang mereka sangat diperlukan untuk membantu pemerintahan kita.

Dari pembelajaran psikologi inilah kita dapat mengambil kesimpulan bahwa "mengaku kalah itu bukan berarti kalah".

Artikel Terkait Lainnya :


1 komentar:

manusia biasa mengatakan...

wkwwkwkwkwkwkwkwk........ berarti ngaku menang bukan berarti menang donk...... xixixixixixi tapi gambarnya manthaf tuch.........

LANJUTJAN WOIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII

Posting Komentar

  © Mas BOW by Situs Belajar Psikologi 2009

Back to TOP