Categories

Menyusun Program Belajar

Rabu, Juli 22, 2009

Menyusun Program belajar bisa dikatakan penting jika kita ingin meraih sukses dalam melakukan belajar. mengapa demikian? suatu hal yang perlu disadari oleh setiap orang bahwa dalam melakukan segala sesuatu pasti memiliki tujuan atau target yang maksimal bukan? dengan adanya target tersebut bisa jadi suatu program diperlukan untuk lebih mudah dalam menggapainya. Dalam posting kali ini saya tidak meperdebatkan penting atau tidaknya, melainkan saya akan sedikit berbagi kepada anda dalam menyusun program tersebut. Sebelum kita membahas lebih lanjut ada baiknya kita perlu mengetahui bahwa dengan menyusun program belajar kita menjadi lebih bisa meminimalisir usaha-usaha yang menyimpang dari target kita. Misalkan seorang mahasiswa yang berkeinginan memiliki nilai A untuk mata kuliah psikologi umum, tentu ia tidak mungkin mencantumkan nilai C pada sasaran program yang diharakan. Bila seorang mahasiswa menginginkan waktu 4 tahun untuk menyelesaikan studinya di fakultas psikologi, maka ia tidak merencanakan 5 tahun untuk menyelesaikannya.

Berikut beberapa hal yang perlu disajikan dalam menyusunnya:
1.Mata kuliah: Setiap mata kuliah perlu dimasukan. jangan meremehkan mata kuliah tertentu dan menganggap mudah.
2.Kemampuan: Setiap mahasiswa dapat emngukur kemampuannya. Sebagai contoh: masbow merasa sulit dalam mata kuliah filsafat. tetapi dengan mudah masbow menyelesaikan soal interview. Setiap mahasiswa perlu jujur dalam mengukur kmampuan yang dimilikinya.
3.Waktu: Perlu adanya waktu tambahan untuk mata kuliah yang dianggap sukar. Penambahan waktu tersebut dapat diupayakan melalui les tambahan.
4.Sasaran yang akan dicapai: Pembuat program perlu menuliskan target nilai terendah dan nilai tertinggi pada masing-masing mata kuliah.

Contoh :






Mata KuliahKemampuanWaktuSasaran Nilai
Bahasa IndonesiaCukup3 jam dalam satu minggu7-10
FilsafatKurang6 jam dalam satu minggu6-8
Interviewsedang4 jam dalam satu minggu8-9
ilmu jiwa dasarcukup3 jam dalam seminggu7-10

Program belajar diatas hanyalah sebuah contoh. Setiap mahasiswa dapat membuat kreasi sendiri menurut kebutuhan masing-masing.

Artikel Terkait Lainnya :


1 komentar:

panduan belajar komputer mengatakan...

Mantap.. thx ya udah berbagi.

Posting Komentar

  © Mas BOW by Situs Belajar Psikologi 2009

Back to TOP