Categories

Belajar Dengan Berbuat (learning by doing)

Selasa, Juli 21, 2009

Belajar merupakan sebuah aktifitas yang selalu dilakukan setiap manusia selagi masih berinteraksi dengan lingkungannya, dari mulai dia berada dalam kandungan sampai ajal menjemputnya. jadi saya yakin sepenuh hati, pasti para pembaca artikel ini pernah melakukan aktifitas tersebut. Namun makna esensial apa sebenarnya yang bisa diambil dari belajar. anda mau tau?? silahkan kunjungi disini. Secara psikologis, manusia sebagai makhluk hidup mempunyai kebutuhan-kebutuhan tertentu dan manusia memiliki kecenderungan untuk berusaha memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Dalam rangka pencapaian kebutuhan-kebutuhan tersebut, manusia akan berperilaku dan sebagian perilaku tersebut merupakan sebuah proses belajar.
Seorang ahli pendidikan amerika serikat John Dewey menyebutkan Belajar dengan berbuat (learning by doing) adalah merupakan cara yang lebih efektif. Dengan kata lain, dalam mempelajari sesuatu itu tidak hanya mendengar dan membaca, melainkan harus aktif membuat ringkasan, gambar maupun membuat adegan dengan benda-benda konkrit atau sambil berpraktek.

Belajar bukan hanya aktifitas mendengar dan melihat tetapi juga aktifitas berbuat. Dengan berbuat maka akan lebih sempurna dalam menguasai apa yang dipelajari. misalkan saja seorang yang ingin menguasai tentang mesin mobil tidak hanya mendengar cerita tentang kerja mesin tersebut. melainkan dia harus mampu mengetahui bagian-bagian mesin, membongkar mesin dan memasangnya kembali, bahkan bila mampu dia mampu menyempurnakan mesin tersebut.

Seorang pelajar sejati adalah pelajar yang mampu menilai menginovasi dan menyempurnakan, tidak menerima sesuatu apa adanya, bersikap menilai sesuatu. ungkpan tersebut dimaksudkan agar pelajar tidak pasif. tetapi harus banyak bertanya, banyak melacak ilmu pengetahuan yang dipelajari dari berbagai sudut pandang. Jika saja hal itu dulakukan maka cara belajar dengan berbuat akan lebih bisa memberi banyak hasil di banding dengan belajar tanpa berbuat.

Artikel Terkait Lainnya :


2 komentar:

ina mengatakan...

keren juga,...

byasanya juga belajar dengan langsung praktek kan hasilnya lebih baek,...

nice post...

Edwin mengatakan...

Yup, saat masuk kerja dulu saya langsung difungsikan. tanpa ada training dahulu. jadinya ya learning by doing. kayaknya itu memang salah satu pilihan teknis yg realistis...

Poskan Komentar

  © Mas BOW by Situs Belajar Psikologi 2009

Back to TOP