Categories

Strategi Pembelajaran dalam menghafal (Mneumoteknik)

Jumat, November 28, 2008


Kadang dalam belajar atau menghafal sesuatu kita memerlukan Strategi pembelajaran khusus agar lebih mempermudah dalam mengingatnya kembali. Strategi ini disebut Jembatan keledai, dimana sesorang dalam menghafal membuat singkatan semenarik mungkin yang dapat menimbulkan kesan mendalam. Setiap orang dapat berkreasi sendiri dalam membuat jembatan keledai. Pada posting ini saya akan memberikan contoh jembatan keledai dalam menghafal urutan- urutan 9 planet yang mengelilingi matahari (sedikit nostalgia pelajaran sewaktu kecil dulu), Tentunya para pembaca masih ingat bukan???
Dengan mengingat kalimat "MEVE BUMAYU SAUNEP" kita sudah dapat mengingat urutan 9 planet.
Me= Merkusrius
Ve= Venus
Bu= Bumi
Ma= Mars
Yu= Yupiter
Sa= Saturnus
U= Uranus
Ne= Neptunus
P= Pluto

Artikel Terkait Lainnya :


3 komentar:

Kios Info mengatakan...

iya juga. tapi mesti dibiasakan juga ya. Kalo nggal malah bingung sendiri hehe

BloGendeng mengatakan...

Bener tuh,bro. Tapi kalo yang panjang banget agak susah. Mungkin harus lstihan berkelanjutan ya. Nice post bro

ayik mengatakan...

iya sih tapi kalo yang dihafal rumus gimana?hehe

Posting Komentar

  © Mas BOW by Situs Belajar Psikologi 2009

Back to TOP