Categories

Beck Depression Inventory (BDI)

Jumat, November 21, 2008


Untuk membantu mengungkapkan tingkat depresi seseorang dapat menggunakan skala depresi beck yang disebut BDI (The Beck Depression Inventory). Skala BDI (The Beck Depression Inventory), terdiri dari 21 kelompok aitem yang menggambarkan 21 kategori sikap dan gejala depresi, yaitu: sedih, pesimis,merasa gagal, merasa tidak puas, merasa bersalah, merasa dihukum, perasaan benci pada diri sendiri, menyalahkan diri sendiri, kecenderungan bunuh diri, menangis, mudah tersinggung, manarik diri dari hubungan social,tidak mampu mengambil keputusan, merasa dirinya tidak menarik secara fisik, tidak mampu melaksanakan aktivitas, gangguan tidur, merasa lelah, kehilangan selera makan, penurunan berat badan, preokupasi somatic dan kehilangan libido sex (dalam Lestari, 2003).

Masing-masing kelompok aitem terdiri dari 4-6 pernyataan yang menggambarkan dari tidak adanya gejala sampai adanya gejala yang paling berat. Skor berkisar antara 0-3. Pernyataan yang menunjukan tidak adanya gejala depresi diberi skor 0, skor 1 untuk pernyataan yang menggambarkan adanya gejala depresi ringan, skor 2 untuk pernyataan yang menggambarkan gejala depresi sedang, sedangkan skor 3 untuk gejala depresi berat. Skor yang dipakai untuk masing-masing 3 kelompok aitem adalah pernyataan dengan skor tertinggi. Skor total berkisar antara 0-63. indikasinya jumlah nilai 0-9 dianggap normal, jumlah nilai 0-15 depresi ringan, 16-23 depresi sedang dan jumlah 24-63 depresi berat.

Artikel Terkait Lainnya :


4 komentar:

manusia biasa mengatakan...

informasi baru nih bossss........

thanks ya.....

xander mengatakan...

pernyataan atau pertanyaannya mana nihh kurang lengkap. apa ga ada bukunya yahh

bow mengatakan...

maaf xander.. kurang etis sepertinya jika pertanyaan n pernyataan saya posting disini.. Mungkin anda bisa menghubungi ppihak yg berwajib. Pos polisi terdekat eh maaf Psikolog terdekat maksudnya..

Anonim mengatakan...

yupe bener banget bro...sholat membuat hati tentram dan sedekah membuat kita jauh dari penyakit

Posting Komentar

  © Mas BOW by Situs Belajar Psikologi 2009

Back to TOP