Categories

Tubuh Kita Juga Perlu Hadiah

Selasa, Oktober 14, 2008

Pada posting kali ini saya mengajak semua pembaca untuk flashback ke masa lalu Anda mengenai berapa banyak waktu yang telah Anda habiskan untuk memanfaatkan tubuh kita untuk bekerja. Coba ingat-ingat berapa banyak waktu yang telah Anda habiskan untuk mengerjakan tugas sekolah, mengerjakan tugas kantor, mengerjakan pekerjaan rumah, mengurus anak, dan pekerjaan lain yang memanfaatkan tubuh Anda untuk bekerja. Stop!!! Jangan paksakan untuk mengingatnya karena saya yakin Anda tidak akan dapat mengingatnya.

Saya akan memberikan contoh untuk anda. Misalkan Anda bekerja setiap hari selama 8 jam, berarti seminggu Anda bekerja selama 56 jam, dan sebulan Anda menghabiskan waktu 224 jam dalam sebulan untuk bekerja. Jika Anda melakukannya selama 35 tahun berarti Anda bekerja selama hampir 11 tahun untuk bekerja. Nah cukup jelas bukan bahwa hampir sepertiga hidup Anda digunakan untuk bekerja. Ini belum termasuk waktu yang Anda gunakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah, mengurus anak, atau pekerjaan lain yang mungkin menyita banyak waktu Anda, Karena kita telah banyak memanfaatkan tubuh untuk bekerja alangkah pentingnya apabila kita memberikan hadiah bagi tubuh kita. Hadiah menurut saya merupakan suatu bentuk penghargaan atau ucapan terima kasih yang kita berikan kepada tubuh karena telah memanfaatkannya untuk bekerja. Saya akan mengklasifikasikan bentuk-bentuk hadiah yang dapat diberikan kepada tubuh kita, yaitu:
1. Mendekatkan diri pada Allah
Mendekatkan diri kepada Allah melalui apapun bentuknya. Sebagai umat manusia pastilah kita diwajibkan untuk beribadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Misalkan bagi umat Islam dengan menjalankan ibadah sholat lima waktu, puasa, dan disertai ibadah sunah lain seperti sholat sunah, puasa sunah, membaca Al Quran, berdzikir dan sebagainya. Dengan mendekatkan diri kepada Allah kita harus merasa yakin bahwa Anda akan merasakan ketentraman hati atau rohani yang sangat berpengaruh juga terhadap kesehatan jasmani kita. Jangan sampai tidak beribadah kepada Allah agar Anda tidak menyesal di kemudian hari karena Anda telah melupakan kewajiban sebagai umat manusia.
2. Istirahat dan manjakan tubuh
istirahat dan memanjakan tubuh. Istirahat merupakan hadiah yang sangat penting bagi tubuh. Kita harus memperlakukan tubuh sesuai kemampuannya, jangan sampai memforsir diri sendiri karena akan membuat tubuh menjadi sakit. Istirahat dapat berupa tidur yang cukup, saya tidak bisa mematok berapa jam Anda harus tidur karena kebutuhan untuk tidur setiap orang itu berbeda. Banyak bentuk-bentuk hadiah lain juga seperti pijat refleksi, mendengarkan musik kesukaan Anda, refreshing dengan teman atau keluarga, spa, meditasi, memanjakan tubuh di salon dan bentuk hadiah lain yang sekiranya dapat mengendurkan ketegangan otot-otot di tubuh.
3. Menjaga asupan makanan dan menjalankan pola hidup yang sehat
Tubuh kita memerlukan makanan yang sehat dan bergizi. Sudah jelas berupa empat sehat lima sempurna dengan kadar yang cukup, tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Dapat juga ditambah dengan vitamin dan suplemen makanan jika diperlukan. Tidak kalah pentingnya bagi tubuh adalah pola hidup yang sehat seperti berolahraga secara teratur dan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Jangan sampai melupakan olahraga, karena olahraga diperlukan untuk memperlancar metabolisme tubuh dan dengan keluarnya keringat dapat mengeluarkan toksin-toksin di dalam tubuh. Anda janga menganggap berat olahraga, banyak bentuk olahraga yang terkadang tidak kita sadari. Anda bisa melakukannya sesuai dengan kegemaran Anda. Misalkan dengan berkebun.
4. Hubungan sosial dengan masyarakat
Hubungan sosial juga merupakan hadiah bagi tubuh. Sebenarnya lebih ke masalah rohani tetapi kita tidak bisa memisahkan masalah jasmani dan rohani karena keduanya saling mendukung. Kita harus selalu berhubungan baik dengan keluarga, teman, tetangga, maupun orang lain. Dengan hubungan sosial kita dapat saling berbagi baik dalam keadaan senang atau susah, jadi jika kita mempunyai masalah kita bisa share agar meringankan masalah sehingga dapat mengurangi beban hidup.

Saya hanya sebatas mencurahkan isi pikiran saya, jika anda setuju dan merasa harus melakukan dalam hidup anda, lakukanlah dan rasakan apa efek yang terjadi dalam diri anda.

Artikel Terkait Lainnya :


11 komentar:

jide mengatakan...

sep..thts right..our body..adalh hal yg patut untuk diaga..dr segi manapun ..

Budimeeong mengatakan...

ho'oh....sayangilah tubuh anda..servislah secara teratur. jangan lupa ganti olie satu bulan sekali....*kayak motor aje*

cena mengatakan...

olalalalal....

bener banget tuhhh

nirmana mengatakan...

kira2 kalo saya kurang manjain diri ke yang maha kuasa kali yah...kok prasaan hidup slalu keburu2 ma hal2 yang semu yah..?

Bunda Rierie mengatakan...

ya..siapa lagi yang sayang dengan diri kita selain kita sendiri??? memangnya mau mengharapkan orang lain untuk sayang kita terussss

Jonbetta mengatakan...

Memang kita mesti sayang sama diri kita sendiri...

harry mengatakan...

betul....betul...setuju

Syahrizki Rafi' Asy'ari mengatakan...

setuju.............

ErIn's Blog mengatakan...

Setuju...mau gmnpun bentkuny,tbh itu anugerah Tuhan,jd hrs djg baik2..=)

Tha mengatakan...

iya...sekuat apapun staminanya, juga perlu istirahat :)
setuju banget

awan_clickerz mengatakan...

setujuh dah..inform yang bguna pastinya..

Yup !

Posting Komentar

  © Mas BOW by Situs Belajar Psikologi 2009

Back to TOP