Categories

Hasil penelitian Virginitas di Jogjakarta

Minggu, Oktober 05, 2008

Mungkin banyak sekali para pembaca blog saya ini sudah mengetahui hasil penelitian Iip Wijayanto, karena memang sudah lumayan lama penelitian itu dilakukan. Sedikit mengingatkan saja dan meminta para pembaca untuk memberikan sumbangsih komentar dari hasil penelitian yang mengemukakan bahwa lebih dari 97.05% dari 1660 responden mahasiswi di tujuh perguruan tinggi jogjakarta sudah lepas dari virginitas alias tidak perawan lagi sebelum nikah. Angka yang cukup mengejutkan memang. Dan wajar ketika hal tersebut mendapatkan sambutan pro dan kontra dari masyarakat. Terdapat sebagian orang merasa kebakaran jenggot, tersinggung. Sebab angka setinggi tersebut tidak realistis, metodologinya lemah dan lain sebagainya. Bahkan ada pula yang menuduh bahwa penelitian ini bermuatan politis, yakni ingin menghancurkan citra jogjakarta. Namun sebagian yang lain justru mendukung, mengamini dan meng-imani hasil penelitian tersebut.
Saya rasa Pro dan kontra tersebut tidak perlu kita permasalahkan, yang terpenting disini kita dapat melihat sisi hikmahnya. Hasil penelitian itu bisa menjadi warning atau perhatian bagi para orang tua yang menyekolahkan anaknya jauh dari pengawasannya. Disamping harus mananamkan nilai-nilai agama yang kuat, mereka harus benar-benar mencarikan lingkungan yang sehat dan kondusif bagi anak-anaknya, pemerintah juga perlu membuat Perda khusus bagi para pemilik kos-kosan, masyarakat juga perlu meningkatkan kontrol sosialnya. MUngkin para pembca memiliki komentar mengenai hasil penelitian tersebut.. silahkan beri komentar.. salam super blogger..

Artikel Terkait Lainnya :


14 komentar:

awan_clickerz mengatakan...

mau ditaruh dimana kota pelajar itu,
mestinya ini tak terjadi di sana saja(jogja-red), Ibukota pasti lebih dari angka itu..lah wong taimnet-tainment ngumpul disitu...101% mungkin....ini mungkin loh !

Yup !

ratna mengatakan...

hemm jogjakarta memeng identik dengan kota pelajar, atau bisa juga disebut indonesia kecil karna disini berkumpul pelajar2 dari berbagai penjuru indonesia bahkan luar negeri, dan tentu saja jauh dari pengawasan orang tua dan tinggal dikost2,mengenai hasil penelitian virginitas dijogjakrta itu semua tergantung ke individu itu sendiri, bagaimana pergaulannya, bagaimana kondisi kostnya, dijogjakarta juga banyak kost2 bebas yang membuka peluang buat pelajar yang masi berpacaran bisa kumpul kebo (istilahnya) yang bisa menyebabkan hilangnya virginitas mereka.tapi setau saya masih banyak juga pelajar2 dijogjakarta yang masi menjunjung tinggi dan menjaga virginitasnya etlis itu semua tergatung pada pergaulan dan pemilihan lingkungan tempat tinggal (kost2an) yang terkotrol dan keimanan yang dmiliki oleh individu itu sendiri..

Anonim mengatakan...

beuh..nampaknya nulis artikelnya terinspirasi dari pelajaran pas jaman2nya sma tuh...hehehe...

tanpa maksud menjustifikasi...
ya inilah klo yg namanya virginitas bukan lagi dianggap sebagai hal yang suci kalo boleh dikatakan...budaya pergaulan yang lepas kendali jadi biang kendali...

btw, kok pada kaga kasian ya sama orang tuanya yg udah nyekolahin mahal2..eh malah terjun bebas ke hal2 ginian...
..tanya kenapa?..

dhp mengatakan...

tanpa maksud menjustifikasi...

ya mungkin seperti ini kalo orang(pelajar/mahasiswa-red) sudah tidak menjunjung apa arti virginitas...ato mereka pada terinsipirasi film american pie kali ya??..hehehe..jadi virginitas bukan dianggap sesuatu yg berharga...
hal2 yg dulu dianggap tabu yg sebenernya baik dilibas begitu saja tanpa memikirkan efek yg akan timbul..

btw, apa pada enggak kasian ya sama ortunya...disekolahin tinggi2 dan mahal pula...eh, malah "enak2an"...

ErIn's Blog mengatakan...

Virginitas sebagian besar pelajar di Jogja memang banyak diperbincangkan, tapi untuk kebenarannya sendiri kita tdk bisa menyimpulkannya hanya dengan melihat dari penelitian tersebut.
Hilangnya virginitas sendiri lebih dominan dipengaruhi oleh faktor lingkungan dalam bergaul, tapi semua kembali lagi pada individu masing-masing, sejauh mn dia bisa menjaga kehormatannya.
Semoga kita sebagai wanita bisa tetap menjunjung tinggi virginitas..

Anonim mengatakan...

Salam Lebaran..
T/kasih atas kunjungan ke Halaman Hayat.
Salam ukhuwwah jua.

http://amal4444.blogspot.com

Setiawan mengatakan...

Waaah pantesan, waktu kuliah di sana aku ga boleh kos sm ortu, malah dititipin sodara.. Mungkin biar ada yg awasin sepak terjangku hehe.. Rugi ga sih :p

ilal mengatakan...

waduwh..nggeri banget yak...

ARA mengatakan...

wah...
klo mnurut saya sih wajar...wong buannyak cerita, video, gambar datengnya banyak dari pelajar tuh!

tapi...indonesianya manaaa???

Anonim mengatakan...

virgin?????waw serem juga dengernya,,,tapi yasudlah,,gak usah di ribetin,,semuany balik lg ke diriKita masing2,,dia berbuat,,yah terima resikonya,,NYESEL ga NYESEL yah mau apa lg,,cuman bisa :(,,seketat apapun pengawasan dari orang tua,,klo emang anakny salah pergaulan,,ya wez ke babblasan dech,,udah banyak kok contoh2nya,,
yah,,apa lg kita sebagai perempuan pinter aja deh,,pilih2 temen laki2,,rata2 cwo itu klo udh dapet virgin cwe,,huh,,HABIS MANIS SEPAH DI BUANG,,WAW THEM,,fuck deh buat cwo yg gak bertanggung jawab!!

Vira mengatakan...

kok kontra semua yah commentnya,,
buat gw sih semua orang punya pilihan masing-masing,,
yakin nih yang ngasi comment di page ini semuanya jauh-jauh dari yang begitu...
:p

katon mengatakan...

miris rasa nya melihat pergaulan remaja-remaji jaman sekarang

saya raya angka tersebut pantaslah

kata mereka yang melakukan
"pacaran ra kawin ra enak"

sesuatu yang benar bisa menjadi disalahkan begitu juga sebaliknya yang salah bisa di benarkan hanya gara2 biasa dilakukan atau anggapan umum sing ora umum

rikha mengatakan...

klo menurut gue sih kita ga usah heran deh ama ka gituan...
manusia tu kan diciptain ama tuhan sama ama binatang, yg ngebedain kan cuman akalnya doang.
nah....jika manusia udah ga make akalnya, yah gitu deh ngga ada bedanya ama binatang, suka "kawin" sembarangan, suka "anu" sembarangan, dll deh.....makanya jk ngerasa diri manusia kudu make tuh akal jgn kayak binatang....!!

Anonim mengatakan...

Udah pasti beneer.di kosan gw dulu d jogja biasa terdengar rintihan siang malam.kayaknya udah biasa bgituan...malah ada yg sedang "main" waktu orang sholat jum'at. gila pokoknya (true story)

Posting Komentar

  © Mas BOW by Situs Belajar Psikologi 2009

Back to TOP